TOSKA 2016

Training Orientasi Kalam atau biasa disebut TOSKA yang tahun ini diadakan hari Sabtu, 16 Juli 2016 kemarin alhamdulillah telah berjalan lancar. TOSKA adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh Kalam 28 dengan peserta para alumni SMAN 28 Jakarta yang baru saja lulus Ujian Nasional.

Yuk, simak cerita Tansa Qurrota A’yuna (angkatan 2016) mengenai kegiatan TOSKA kemarin 🙂

***

Alhamdulillah, saya menjadi salah satu orang beruntung yang dapat merasakan serunya acara TOSKA.

Di hari Minggu pagi, saya dan teman-teman sudah berkumpul di taman lingkar UI. Acara dimulai dengan tilawah surat Al-Insyirah, dilanjutkan briefing, lalu pembagian grup.

Kami lalu berpindah ke taman firdaus, di sana kami mempresentasikan life plan kami. Nah, life plan ini juga merupakan hal yang saya suka di acara TOSKA. Karena, kami sama-sama diajak untuk memikirkan rencana beberapa tahun ke depan, sehingga kami tidak menjalani hidup yang tanpa tujuan. Meskipun kami sudah memiliki tujuan masing-masing, kami tetap tidak boleh melupakan almamater SMAN 28, sehingga kontribusi balik untuk SMAN 28 juga harus ada di dalam life plan kami.

Kegiatan selanjutnya adalah diskusi grup* dengan Kak Fikar seputar dunia perkuliahan dan juga apa saja sih kontribusi yang dapat kita lakukan untuk SMA kita tercinta? Diskusi dengan Kak Fikar berlangsung seru. Sekali lagi, saya merasa beruntung karena lebih dulu diarahi dan dimotivasi sebelum masuk ke dunia perkuliahan yang sesungguhnya.

Setelah diskusi, kami diberi misi untuk menghafal surat Al-Baqarah ayat 208, kami baru akan bisa lanjut ke acara berikutnya setelah menyelesaikan misi tersebut. Alhamdulillah, misi berjalan lancar.

Kami lanjut ke acara talkshow dengan narasumber Kak Abel dan Kak Fikar. Talkshow-nya seru dan sangat bermanfaat. Yang paling diingat oleh saya adalah bahwa perjalanan dakwah tidak berhenti setelah saya lulus SMA. Masih ada ladang dakwah yang baru, yaitu dunia perkuliahan. Di sanalah tempat kita melanjutkan dakwah.

Memasuki waktu zuhur, kamipun makan siang dan melanjutkan sholat zuhur di mushola FH. Dalam perjalanan antara taman firdaus dan FH, kami diberi misi lagi untuk melakukan 5 kebaikan lalu divideokan. Wah, yang ini sangat menyenangkan. Tak disangka ya ternyata cukup banyak kebaikan yang bisa kita lakukan hanya dengan perjalanan 10 menit.

Materi berikutnya adalah pengenalan KALAM 28 dari Kak Andi. Sebelumnya, pikiran kami tentang KALAM hanya sebatas rohis, mentoring, rohis, mentoring saja. Namun, setelah dipaparkan oleh Kak Andi lewat presentasinya yang ringkas tapi jelas, pikiran kami jadi terbuka. Bahwa KALAM, tidak sebatas rohis saja, namun tujuan dan fungsi kalam ini amat sangat bermanfaat bagi 28 dan alumni. Semoga, program kerja yang dibuat Kak Andi selaku ketua KALAM terpilih dapat berjalan dengan lancar. Aamiin.

Waktu sudah menunjukkan pukul 3, kami memasuki acara terakhir, yaitu outbond! Kami pindah ke FIB dan outbond di sana. Outbond berjalan seru dan heboh. Pasalnya, kami diberi games yang sangat susah namun menantang dari kakak-kakak panitia. Ibroh yang didapatkan dari outbond ini adalah bahwa semoga ikatan antar angkatan kami semakin kuat, sehingga kelak harapannya kami menjadi angkatan yang mampu berkontribusi untuk SMAN 28 tercinta.

Terima kasih kakak-kakak KALAM 28 atas acara TOSKA-nya! 🙂

WhatsApp-Image-20160716

WhatsApp-Image-20160716 (1)

 

*Catatan admin:

Diskusi grup terbagi menjadi 2 kelompok. Ada yang dipimpin oleh Kak Fikar, dan ada yang dipimpin oleh Kak Topan.

 

 

 

Share artikel ini yuk 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *